Tuesday, December 2, 2008

Screen Capture dengan ACDSee

Cara yang paling umum dan sederhana untuk menangkap gambar di layar adalah dengan menggunakan [Print Scree]. Untuk mengambil bagian tertentu dari layar monitor maka hasil dari capture tersebut harus diedit lagi. Untuk memudahkah cara mengcapture, kita bisa menggunakan ACDSee.

ACDSee merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan orang untuk menampilkan koleksi gambar. Selain fungsi utama tersebut, ACDSee juga menyediakan fasilitas screen capture. Kita bisa meng-capture keseluruhan layar, area tertentu, windows yang diinginkan, bahkan ojek-objek tombol, toolbar, menu dan sebagainya.

Hasil dari capture bisa disimpan sementara dalam Clipboard, langsung disimpan dalam bentuk file atau langsung di-edit dengan editor ACDSee.

Langkah-langkah:

  1. Jalankan ACDSee
  2. Klik kanan tray icon ACDSee yang bergambar mata. Tray icon pada ACDSee versi 4 muncul secara default. Untuk versi 5 dan 6 diaktifkan melalui [Tools] > [Options] > [Browser]. Centang [Show icon in taskbar]. Centang juga [Continue running in taskbar notification area on exit]
  3. Setelah tray icon diklik kanan, akan muncul popup menu. Pilih [New Screen Capture].
  4. Tentukan Source yang akan dicapture.
  5. Tentukan Destination hasil dari capture.
  6. Piluh [Initiate Capture]
  7. Klik [Start].
  8. Jika pada Initiate Capture yang dipilih [HoteKey], ekan tombol yang sudah diinisiasi. Jika yang dipilih [Timer], tunggu beberapa saat sesuai waktu yang ditentukan.

<regina ida><PCplus#321>

No comments: