Tuesday, December 2, 2008

Menonaktifkan Fitur Automatic Updates

automatic-updates Windows XP SP2, SP3 dan Windows Vista memiliki keamanan lebih dibandingkan versi-versi sebelumnya. Tiga kunci dari pengamanan ini adalah melalui Firewall yang terintegrasi dengan Windows, anti virus yang di update secara berkala, serta pengaktifan automatic updates yang akan mengunduh update Windows terbaru jika Microsoft menyediakan perbaikan untuk Windows. Karenanya tak salah jika Microsoft menyebut Windows XP SP2 terjadi penignkatan keamanan yang signifikan.

Pengamanan melalui automatic updates sangat bermanfaat jika anda terkoneksi dengan internet. Anda akan mendapatkan semua update penting yang tersedia. Apabila ternyata PC Anda tidak terhubung dengan internet, Anda dapat mematikan fitur auto update melalui menu [Start] > [Control Panel] > [Performance and Maintance] > [System] > [Automatic Updates] > [Turn off Automatic Updates].

cara penonaktifkan di atas memang cukup efektif dan mudah dilakukan. Namun bila ternyata cara tadi bisa dipandang tidak efesien dari sisi sumber daya hardware. Ini disebabkan, layanan update sebenarnya masih bekerja di belakang layar. Artinya, terdapat pemborosan resource di PC Anda. Agar tidak terjadi, Anda harus mematikan layanan Automatic update melalui Administrative Tools.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Klik [Start] > [Control Panel] > [Performance and Maintanance] > [Administrative Tools] > [Service]
  2. Pada jendela Services, carilah layanan dengan nama Automatic Updates kemudian klik ganda service tersebut.
  3. Ubah Start-up type yang sebelumnya berada di posisi [Automatic] menjadi [Manual]
  4. Hentikan layanan yang sedang berjalan dengan mengklik [Stop]. Sesaat kemudian proses penghentian akan dilaksanakan.
  5. Klik [OK] untuk menutup Automatic Updates Properties (Local Computer).

<Regina Ida><PCplus#321>

No comments: